Bimbingan Pengelolaan Zakat Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara Terhadap Penerima Zakat Produktif di Kecamatan Percut sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Dayanti, Nurul Afri (2018) Bimbingan Pengelolaan Zakat Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara Terhadap Penerima Zakat Produktif di Kecamatan Percut sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat produktif adalah zakat yang diberikan kepada mustahik untuk dikembangkan sebagai modal usaha. Kata produktif sendiri mempunyai arti mampu menghasilkan atau mendatangkan hasil. Ini berarti zakat yang telah diberikan sebagai modal usaha nantinya akan mendatangkan hasil bagi mustahik, sehingga diharapkan mustahik tersebut dapat menjadi muzakki. Dalam pengembangannya zakat produktif dikelola agar menghasilkan sesuatu yang bisa meningkatkan perekoniman mustahik, dengan cara dijadikanya dana zakat sebagai modal usaha, untuk pemberdayaan ekonomi penerimanya dan supaya fakir miskin dapat menjalankan atau membiayai kehidupannya secara konsisten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam bimbingan pengelolaan zakat oleh BAZNAS Sumatera Utara terhadap penerima zakat produktif di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui bagaimana pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Sumatera Utara Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami pembimbing dalam memberikan bimbingan pengelolaan zakat produktif di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa bimbingan pengelolaan zakat Baznas Sumatera Utara terhadap penerima zakat produktif di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sudah cukup maksimal, karena 50% dari jumlah penerima sudah bisa meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarganya karena pengelolaanya sudah memiliki rencana yang tersusun seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:43
Last Modified: 19 Jan 2022 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13241

Actions (login required)

View Item View Item