Implementasi Fungsi Penggerakan Dakwah dalam Pengajian Rutin Ahad Pagi Majelis Taklim Tebing Tinggi Bertauhid di Kota Tebing Tinggi

Pasaribu, Dinda Aura (2021) Implementasi Fungsi Penggerakan Dakwah dalam Pengajian Rutin Ahad Pagi Majelis Taklim Tebing Tinggi Bertauhid di Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DINDA AURA PASARIBU.NIM 0104171010-dikonversi (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi penggerakan dakwah dalam pengajian rutin Ahad pagi majelis taklim Tebing Tinggi Bertauhid dan mengetahui faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dari implementasi fungsi penggerakan dakwah tersebut. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bersifat deskriptif dimana peneliti berupaya menyusun data, menata satuan data, menemukan serta mendapati hal-hal penting dari pola yang diajarkan serta mendapatkan apa yang bisa diuraikan kembali pada yang lainnya. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pendiri majelis taklim, pembina majelis taklim dan ketua panitia pengajian majelis taklim Tebing Tinggi Bertauhid. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya implementasi fungsi penggerakan dakwah berupa pemberian motivasi yang bersifat ukhrawi (akhirat) dan duniawi, melakukan bimbingan secara individu dan berkelompok, menjalin hubungan dengan para anggota dan masyarakat, menjalin komunikasi dengan pihak internal dan pihak eksternal serta melakukan pengembangan secara formal dan non-formal. Terdapat faktor pendukung dari implementasi fungsi penggerakan dakwah tersebut berupa adanya tim yang bekerja sama dengan baik secara sukarelawan, terjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dan adanya dukungan dari maryarakat. Adapun faktor penghambatnya adalah aktivis dakwah yang berada dalam kondisi futur dan kesibukan aktivis dakwah dalam kegiatan lain di luar majelis taklim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:31
Last Modified: 19 Jan 2022 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13240

Actions (login required)

View Item View Item