Perilaku Tidak Aman Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bengkel Sepeda Motor Di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Rosdayana, Rosdayana (2021) Perilaku Tidak Aman Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bengkel Sepeda Motor Di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS ROSDAYANA UINSU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku tidak aman akan meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Pekerja bengkel sepeda motor memiliki risiko kecelakaan kerja yaitu tergores, terjatuh, terjepit, terkena panas mesin kendaraan dan tersetrum kabel listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku tidak aman, penyebab perilaku tidak aman dan risiko kecelakaan kerja pada pekerja bengkel sepeda motor di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Informan penelitian terdiri dari pekerja bengkel sebanyak 8 pekerja, pemilik bengkel sebanyak 4 pemilik dan petugas puskesmas Tanjung Tiram sebanyak 2 petugas. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen sedangkan triangulasi sumber dilakukan kepada pekerja bengkel, pemilik bengkel dan petugas puskesmas Tanjung Tiram. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa seluruh pekerja berada pada kategori perilaku tidak aman yaitu tidak menggunakan alat pelindung diri saat bekerja, membersihkan tangan dengan bensin, bercerita sambil bekerja, bersenda gurau saat bekerja, meletakkan alat tidak pada tempatnya, melempar alat kerja, membungkuk dan jongkok saat bekerja serta terburu-buru menyelesaikan pekerjaan. Faktor penyebab perilaku tidak aman adalah persepsi, pengawasan dan ketersediaan alat pelindung diri. Seluruh pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja yaitu terkena knalpot, terkena palu, luka, terkena cagak kereta, terkena mesin kereta, kejatuhan kunci, terpeleset dan terkena api. Pekerja diharapkan senantiasa berperilaku aman saat bekerja dan pemilik bengkel melakukan pengawasan secara maksimal kepada pekerja bengkel terhadap perilaku tidak aman yang dilakukan saat bekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:32
Last Modified: 19 Jan 2022 08:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item