Analisis Postur Kerja Dan Risiko Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Perempuan Pengupas Kepiting Di Kelurahan Beras Basah

Jariah, Ainun (2021) Analisis Postur Kerja Dan Risiko Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Perempuan Pengupas Kepiting Di Kelurahan Beras Basah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINUN JARIAH PRINT (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proporsi penyakit sendi di Kabupaten Langkat pada 2018 sebesar 5,38%. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan postur kerja dan risiko keluhan gangguan muskuloskeletal pada wanita pengelupasan kepiting di Desa Beras Basah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap kerja dan risiko keluhan musculoskeletal disorders pada perempuan pengupas kepiting di Kelurahan Beras Basah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap 6 informan dengan menggunakan metode NBM dan REBA serta studi dokumen. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode NBM didapatkan bahwa keluhan dalam kategori rendah dan sedang. Hasil perhitungan sikap kerja duduk dengan metode REBA yaitu sikap kerja dalam kategori sedang, perhitungan sikap kerja berdiri dalam kategori sedang dan sikap kerja membungkuk dalam kategori tinggi. Bagian tubuh pekerja paling banyak merasakan keluhan musculoskeletal disorders pada bagian pinggang, leher, pergelangan tangan, bahu, dan betis. Durasi kerja, sikap kerja, umur, jenis kelamin, masa kerja dan antropometri merupakan faktor risiko ii keluhan musculoskeletal disorders. Untuk mengurangi risiko keluhan diharapkan pemilik usaha dan pekerja beristirahat ketika tubuh mengalami nyeri dan melakukan peregangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 611 Human anatomy, cytology, histology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:19
Last Modified: 19 Jan 2022 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item