Penggunaan Voucher Gojek Menurut Fatwa DSN MUI No 100-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Transaksi Voucher Multi Manfaat Syariah

Rozi, Fahrur (2021) Penggunaan Voucher Gojek Menurut Fatwa DSN MUI No 100-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Transaksi Voucher Multi Manfaat Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fahrur Rozi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pendapat pengguna aplikasi Gojek terhadap penggunaan voucher Gofood, apakah pengguna voucher mengetahui bahwa yang terdaftar di fitur Gofood itu tidak semua nya halal karena tidak ada label halal yang dicantumkan pihak Gojek. Penelitian ini dilakukan di Kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah wawancara dan data yang didapat dari pelanggan Gofood dan driver Gojek yang sering menerima orderan dengan pelanggan yang tidak mengetahui bahwa restoran yang pelanggan Gofood tersebut juga menjual makanan haram. Kesimpulan dari skripsi ini adalah Penggunaan Voucher Gojek Menurut Fatwa DSN MUI No 100-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Transaksi Voucher Multi Manfaat Syariah adalah Haram, statusnya dapat berubah jika pihak Gojek dan Restoran yang terdapat dalam fitur Gofood mencantumkan label halal dan non halal direstorannya, sehingga pelanggan, pihak restoran, driver serta pihak Gojek tidak ada yang dirugikan juga sesuai dengan syariat Islam dan Fatwa DSN MUI No 100-MUI/XII/2015 yang mengatur tentag penggunaan voucher.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:02
Last Modified: 19 Jan 2022 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item View Item