Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Perempuan Dalam UU. No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Gudang Kepiting Junaid Bagan Asahan)

Adawiya, Robiatul (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Perempuan Dalam UU. No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Gudang Kepiting Junaid Bagan Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROBIATUL ADAWIYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dasar dilakukannya penelitian ini adalah melihat adanya beberapa gudang pengolahan hasil laut yang mempekerjakan tenaga kerja perempuan di malam hari. sebagaimana dibuatnya Perlindungan Hukum yang terdapat pada UU. No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan antara hak tenaga kerja dan kewajiban dari perusahaan. Terutama bagi tenaga kerja perempuan yang mendapatkan pembatasan dan kekhususan hak yang diberikan setiap perusahaan berdasarkan UU. No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya. Penulis fokus meneliti perlindungan hukum yang terdapat pada pasal 76 UU.No. 13 Tahun 2003. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang “ Perlindungan Hukum Pekerja Perempuan Dalam UU.No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Ditinjau Dari Hukum Ketenagakerjaan dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus: Gudang Kepiting Junaid Bagan Asahan). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana perlindungan hukum mempekerjakan? 2). Bagaimana ketentuan hukum mempekerjakan perempuan menurut Hukum Pidana Islam? 3). Bagaimana penerapan pasal 76 UU No.13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan di Gudang Kepiting Junaid Bagan Asahan? Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan atau Field Search yang pelaksanaannya terjun langsung ke Gudang Kepiting Juneid Bagan Asahan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Perempuan, Perlindungan Hukum, Hukum Ketenagakerjaan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:09
Last Modified: 19 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item