Efektifitas Pengelolaan Dapm (Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat) Bangun Bersama Oleh Upk (Unit Pengelola Kegiatan) Sebagai Modal Usaha Untuk Memberdayakan Kelompok Spp (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu

Fardila, Irdina Maya (2021) Efektifitas Pengelolaan Dapm (Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat) Bangun Bersama Oleh Upk (Unit Pengelola Kegiatan) Sebagai Modal Usaha Untuk Memberdayakan Kelompok Spp (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRDINA MAYA FADILA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efektivitas merupakan pengukuran tercapainy tujuan dimana suatu keadaan yang menunjukkan seberapa jauh suatu target yang telah tercapai oleh manajemen seperti kualitas, kuantitas, dan waktu, dimana target tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu. Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) merupakan kelanjutan program kegiatan khusus pengelolaan pinjaman dana bergulir yang dikelola oleh UPK. Modal usaha merupakan uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang dan sebagainya atau modal adalah harta benda (uang, barang dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu untuk menambah kekayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evektifitas pengelolaan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Oleh Unit Pengelola Kegiatan Bangun Bersama Sebagai Modal Usaha Untuk Memberdayakan Kelompok SPP di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu, mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam proses penyaluran dan pengembalian dana DAPM, serta memberikan masukan ataupun strategi dalam permasalahan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana peneliti mengembangkan konsep dan menyimpulkan data yang diperoleh ketika wawancara serta menghimpun fakta tetapi tidak melakukan pengujian hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK DAPM) Di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu memberikan kualias pelayanan dengan baik yaitu sudah memiliki legalitas dasar hukum yang baik, organisasi yang terstruktur dengan kepengurusan yang jelas serta memberikan pelayanan dengan tanggap dan penuh pengertian kepada kelompok SPP dalam memberikan pinjaman modal di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Tunggakan oleh kelompok SPP kepada UPK DAPM yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini diharapkan UPK DAPM Di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu dapat memberikan edukasi yang lebih baik lagi kepada masyarakat Di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu karena Kecamatan Bangun Purba yang terdiri dari 7 Desa yaitu, BPTJ, Bangun Purba Barat, Bangun Purba,Tangun, Pasir Agung, Pasir Intan, Rambah Jaya, memiliki karakter masyarakat pedesaan yang rata-rata tingkat pengetahuan masih dibawah rata-rata sehingga perlunya empaty dari pengurus Unit Pengelola Kegiatan UPK DAPM Di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu untuk memberikan pemahaman atas manfaat serta pengetahuan dan mekanisme pengajuan layanan kredit atau pinjaman modal pada Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK DAPM) Di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:57
Last Modified: 19 Jan 2022 06:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item