Implementasi Pengelolaan Wakaf Uang Perspektif Hukum Islam Dan UU No.41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Halalmart MUI Sumut)

Siregar, Ammar Zaki (2021) Implementasi Pengelolaan Wakaf Uang Perspektif Hukum Islam Dan UU No.41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Halalmart MUI Sumut). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
AMMAR ZAKI TESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Halalmart MUI merupakan produk usaha baru yang langsung dikelola oleh MUI Sumatera Utara atas dasar pengelolaan wakaf uang. Adanya halalmart MUI Sumatera Utara menunjukkan adanya bentuk pengelolaan wakaf uang dalam bentuk usaha mini market. MUI Sumatera Utara menciptakan halalmart menggunakan dana gabungan yang berasal dari dana CSR serta dana yang terhimpun dari para wakif. sumber permodalan dari Halalmart MUI Sumatera Utara tidak hanya berasal dari dana CSR dan para wakif. Halalmart MUI Sumatera Utara juga menyatakan bahwa berbelanja di Halalmart MUI Sumatera Utara juga merupakan bagian dari melakukan wakaf, karena tiap sejumlah uang yang dialokasipan dalam pembelian di Halalmart MUI Sumatera Utara akan menjadi dana yang diwakafkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketentuan hukum Islam dan UU no 41 tahun 2004 mengenai wakaf uang, potensi wakaf uang yang dikelola Halalmart MUI Sumut, serta implementasi pengelolaan wakaf uang yang ada di Halalmart MUI Sumut. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini ialah kedai wakaf dan mini market Halalmart MUI Sumut. Sumber data yang diperoleh didapatkan dari hasil observsi dan wawancara pada pihak terkait. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa implementasi yang dilakukan oleh Halalmart MUI Sumatera utara sudah sesuai syariat dan peraturan undang-undang tentang wakaf. Selain itu Halalmart MUI Sumut masih belum berpotensi dengan baik karena masih dalam masa merintis (laboraturium entrepreneur). Hasil keuntungan dari pengelolaan wakaf uang sampai saat ini digunakan sebagai modal pengembangan Halalmart MUI Sumut agar lebih bertambah aset wakafnya dan sebagian ada yang digunakan sebagai dana sosial yang diberikan pada yang berhak (mauquf ‘alaih).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:02
Last Modified: 19 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item View Item