Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN 118279 Sapil-Pil II Kec. Torgamba Kab. Labuhan Batu Selatan

Siregar, Shintia Anjani (2021) Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN 118279 Sapil-Pil II Kec. Torgamba Kab. Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SHINTIA-dikonversi-ditandatangani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “sekolah masih kurang memahami mengenai sistem informasi akuntansi atas dasar prosedur penerimaan dan pengeluaran dana BOS. Hal ini terlihat dari penggunaan serta pencatatan yang dilakukan oleh pihak sekolah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran dana bantuan operasional sekolah (BOS) di SDN 1118279 Sapil-Pil II, sudah terdapatnya sistem informasi akuntansi dalam penerimaan dan pengeluaran kas dan bagaimana sistem informasi akuntansi sudah berjalan efektif sebagai penyedia informasi untuk pengendalian internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan objek penelitian dengan cara mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dokumen tersebut terssebut didapatakan dari bendahara serta tata usaha dan pro- gram dana bantuan operasional sekolah (BOS). Hasil penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri 118279 SAPIL-PIL II telah memiliki sistem informasi akuntansi atas penerimaan dan pengeluaran kas dana bantuan operasional sekolah (BOS). Pelaksanaan rancangan sistem informasi akuntansi atas penerimaan dan penge- luaran kas dana bantuan operasional sekolah sudah baik hanya saja belum ter- bentuk rancangan flowchart pada sistem informasi akuntansinya. Evaluasi sistem informasi akuntansi yang dihasilkan untuk membantu Sekolah Dasar Negeri 118279 SAPIL-PIL II membuat perancangan flowchart dan memperbaiki sistem informasi akuntansi sehingga sesuai dengan prinsip-prinsip dasar penerimaan dan pengeluaran kas dana bantuan operasional sekolah (BOS) sehingga tersedianya informasi yang akurat dan cukup memadai sebagai pengendalian internal dalam laporan pertanggung jawaban.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan dan Pengeluaran Kas Dana BOS.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:32
Last Modified: 19 Jan 2022 03:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item