Pengaruh Gaya Hidup Syariah dan Keuntungan Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Easy Wadiah (Studi Kasus PT. BSI KCP Lubuk Pakam Sudirman)

Pratiwi, Cici (2021) Pengaruh Gaya Hidup Syariah dan Keuntungan Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Easy Wadiah (Studi Kasus PT. BSI KCP Lubuk Pakam Sudirman). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Cici Pratiwi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keputusan nasabah untuk menabung di bank syariah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya dipengaruhi oleh gaya hidup syariah dan keuntungan nasabah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup syariah dan keuntungan nasabah terhadap keputusan memilih produk tabungan easy wadiah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan membagikan angket kepada 90 responden yang merupakan nasabah tabungan easy wadiah di PT. BSI KCP Lubuk Pakam Sudirman. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 22. Analisis uji t yang dilakukan pada variabel independen gaya hidup syariah dan keuntungan nasabah terhadap variabel dependen keputusan memilih produk tabungan easy wadiah ditemukan bahwa, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan memilih produk tabungan easy wadiah. Artinya, semakin meningkat gaya hidup syariah di kalangan masyarakat, dan semakin banyak keuntungan yang dirasakan oleh nasabah, maka semakin banyak pula masyarakat yang akan memutuskan memilih produk-produk di bank syariah karena sistem yang ada di perbankan syariah berlandaskan ajaran Islam. Sedangkan pada analisis uji f yang dilakukan pada variabel independen gaya hidup syariah dan keuntungan nasabah terhadap variabel dependen keputusan memilih produk tabungan easy wadiah ditemukan bahwa, kedua variabel memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan memilih produk tabungan easy wadiah. Dimana nilai R square yang didapatkan sebesar 0.910 atau 91%, hal tersebut menunjukkan besarnya kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen dalam penelitian ini sebesar 91%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup syariah, keuntungan nasabah, keputusan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:23
Last Modified: 18 Jan 2022 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item