Analisis struktur dan Komposisi tumbuhan asing Invasif (Invasif Species) pada kawasan Gunung Sibuatan Desa Nagalingga Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara

Noviyanti, Ika Siti (2021) Analisis struktur dan Komposisi tumbuhan asing Invasif (Invasif Species) pada kawasan Gunung Sibuatan Desa Nagalingga Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANALISIS STRUKTUR DAN KOMPOSISI TUMBUHAN ASING INVASIF (INVASIVE SPECIES) PADA KAWASAN GUNUNG SIBUATAN DESA NAGALINGGA KECAMATAN MEREK KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA oleh IKA SITI NOVIYANTI, S.Si.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan Asing Invasif (Invasive Species) memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat di suatu ekosistem sehingga dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui struktur dan komposisi tumbuhan invasif yang berada pada Kawasan Gunung Sibuatan Desa Nagalingga Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara dengan menggunakan metode garis berpetak dengan ukuran plot 10 x 10m yang diletakkan secara purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh 20 famili dari 34 spesies dengan 452 individu yang terbagi dalam dari tiga tingkatan vegetasi yaitu pohon, sapling dan vegetasi dasar. Family dominan yang ditemukan terdiri dari family Asterceae dan Euphorbiaceae dengan persentase 64.12% dan 76,43%, family co-dominan yaitu family Poaceae dan Rosaceae dengan persentase 17.06 dan 16,20%. Indeks Nilai Penting (INP) teringgi jatuh pada spesies Austroeupatorium inulifolium (Kunth) R.M.King & H.Rob dengan nilai 92.37 %. Indeks Keanekaragaman tumbuhan invasif memiliki keanekaragaman tumbuhan melimpah sedang karena masuk kedalam kategori jika H 1 ≤ 3 menunjukkan keanekaragaman spesies pada suatu transek melimpah sedang. Pola penyebaran tumbuhan invasif termasuk dalam kategori kelompok karena hasil Im > 0 yang diperoleh menunjukkan penyebaran secara berkelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Asing Invasif, Struktur Dan Komposisi, Kawasan Gunung Sibuatan Desa Nagalingga Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:37
Last Modified: 18 Jan 2022 07:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item