Pengulangan Ijab Dan Kabul Dalam Perkawinan Ditinjau Dari Kaidah Fiqhiyyah (Studi Kasus Di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat)

Rahmadani, Dinda (2019) Pengulangan Ijab Dan Kabul Dalam Perkawinan Ditinjau Dari Kaidah Fiqhiyyah (Studi Kasus Di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
DINDA RAHMADANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengulangan Ijab Dan Kabul Dalam Perkawinan Ditinjau Dari Kaidah Fiqhiyyah (Studi Kasus Di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat). Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah Di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat biasa berlakunya pengulangan ijab dan kabul dalam perkawinan, padahal sudah secara ketentuan yang berlaku serta rukun dan syarat perkawianan. Pengulangan itu terjadi karna salah redaksi dalam pengucapan ijab dan kabul, dan juga pengulangan itu juga terjadi pada ijab dan kabul yang sudah jelas redaksinya atau sudah jelasnya pengucapan ijab dan kabul tersebut. Dalam hal pengualngan ijab dan kabul yang sudah jelas pengucapannya itu tidak perlu diulang diakarenakan ada kaidah fiqhiyyah I’imal al kalam aula min ihmalili (memaknai sebuah ucapan lebih baik dari pada mengabaikannya). Berdasarkan latar belakang diatas, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimanakan pengulangan ijab dan kabul dalam perkawinan di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat ditinjau dari kaidah fiqhiyyah i’imal ala kalam aula min ihmalihi?, 2) Apakah faktor penyebab terjadinya pengulangan ijab dan kabul di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat?, 3) Akad yang manakah yang mehalalkan perkawinan atas pengulangan ijab dan kabul di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat ditinjau dari kaidah fiqhiyyah i’imal ala kalam aula min ihmalihi. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris menganalisi permasalahan dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (yang merupakan data sekunder) dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus terhadap pengulangan ijab dan kabul. Sedangkan tehnik pengumpulan data ialah observasi (pengamatan) dan interview (wawancara). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pengulangan tersebut memang terjadi di Kecamatan Babalan tersebut dan yang faktor yang mempengaruhi terjadi pengulangan memang sesuai, akan tetapi pada pengulangan akad yang sudah jelas jika dikaitkan kepada kaidah fiqhiyyah itu termasuk mensia-siakan suatu ucapan, tetapi pengulangan itu di sebabkan untuk menguatkan ijab dan kabul pertama sehingga iya tidak mengabaikan ijab dan kabul pertama

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.31 Nikah > 2X4.312 Rukun nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:51
Last Modified: 18 Jan 2022 06:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item