Manajemen Kantor Urusan Agama (KUA) Pada Pelaksanaan Bimbingan Pranikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warahmah di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Rodiah, Dina (2021) Manajemen Kantor Urusan Agama (KUA) Pada Pelaksanaan Bimbingan Pranikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warahmah di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINA RODIAH edit.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelaksanaan bimbingan pranikah yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dan supaya mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan bimbingan pranikah tersebut sehingga mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bimbingan pranikah yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyabungan sudah dianggap efektif, dengan bukti data pernikahan pada tahun 2019 mencapai 736 pasangan yang melaksanakan pernikahan sedangkan peristiwa pasangan yang bermasalah sampai berujung perceraian berjumlah 46 peristiwa. sedangkan pada tahun 2020 tercatat 611 pasangan yang melaksanakan pernikahan sedangkan pasangan yang bermasalah sampai berujung perceraian berjumlah 57 peristiwa. Dan pada tahun 2021 mencapai 602 pasangan yang melaksanakan pernikahan sedangkan pasangan yang bermasalah sampai berujung perceraian berjumlah 41 peristiwa. Namun dalam bimbingan pranikah tersebut masih ditemukan pasangan calon pengantin yang masih sulit memahami materi bimbingan pranikah yang disampaikan oleh pembimbing disebabkan kurangnya atau rendahnya pendidikan calon pasangan pengantin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) dalam pelaksanaan bimbingan pranikah yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyabungan perlu perbaikan dan dikembangkan lagi, baik dari segi metode, materi, dan evaluasi. (2) merestrukturisasi proses manajemen bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Panyabungan sehingga dapat meningkatkan minat pengantin untuk lebih memperhatikan materi yang diberikan dan mengikuti pelaksanaan kegiatan pembinaan pranikah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (3) dalam mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah maka perlu adanya pendekatan persuasif kepada masyarakat, guna untuk mengetahui apa yang menjadi kendala yang dialami setiap pasangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kantor Urusan Agama, Bimbingan Pranikah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:45
Last Modified: 18 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item