Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa di MAN 3 Langkat

Albanjari, Nur Isnaini (2021) Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa di MAN 3 Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Nur Isnaini Albanjari 3003193070.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecenderungan hasil belajar siswa, kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak, strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa, implementasi kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam pencapaian hasil belajar siswa, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam pencapaian hasil belajar siswa di MAN 3 Langkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu berfokus pada mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa yang terjadi secara alamiah dengan menggunakan logika berpikir ilmiah. Penelitian ini dipergunakan untuk pemecahan atau memberi jawaban permasalahan yang sedang terjadi pada kondisi sekarang ini. Dilaksanakan dengan menempuh beberapa langkah menghimpunkan informasi pengumpulan data, klasifikasi dan analisis data, interpretasi, membuat kesimpulan dan laporan. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologi yaitu memandang bahwa pemahaman atas tindakan, ucapan, dan interaksi merupakan prasayarat bagi eksistensi sosial apapun, mengkaji bagaimana anggota masyarakat menggambarkan dunia sehari-harinya, terutama bagaimana individu dengan kesadarannya membangun makna dari hasil interaksi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa di MAN 3 Langkat pada kelas X terdapat 8 siswa dengan kategori sedang, pada kelas XI terdapat 10 siswa dengan kategori sedang, dan pada kelas XII terdapat 2 siswa dengan kategori sedang. (2) Kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak di MAN 3 Langkat sudah memiliki kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang tugasnya, pemahaman terhadap pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran seperti RPP, kurang menerapkan strategi dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi, serta cukup baik dalam melakukan penilaian dan evaluasi. (3) Strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 3 Langkat yaitu dengan memilih strategi yang cocok dan sesuai dengan materi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif. (4) Implementasi kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam pencapaian hasil belajar siswa di MAN 3 Langkat yaitu guru Akidah Akhlak menguasai karakteristik peserta didik, mengembangkan kurikulum dan rencana pembelajaran yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, guru berkemampuan melakukan analisis kemampuan pembelajaran peserta didik dengan mengidentifikasi potensi peserta didik kesulitan belajar yang dialami peserta didik, guru dapat menggunakan strategi maupun metode yang mendidik sejalan dengan ketentuan kemampuan guru, dan guru Akidah Akhlak mengadakan penilaian dan evaluasi secara berkesinambungan. (5) Faktor pendukung implementasi kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam pencapaian hasil belajar siswa di MAN 3 Langkat yaitu adanya sistem kebijakan yang diterapkan dari kepala madrasah serta adanya sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dan kurangnya kegiatan tambahan bagi guru seperti mengikuti pendidikan dan latihan, seminar, work shop, simposium, diskusi dan lain-lain yang bersifat menambah wawasan dan pengetahuan guru.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:35
Last Modified: 18 Jan 2022 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item