Analisis Dukungan Suami Dan Perilaku Ibu Nifas Dalam menggunakan KB Pasca Persalinan Di Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan

Anggraini, Dini Tria (2021) Analisis Dukungan Suami Dan Perilaku Ibu Nifas Dalam menggunakan KB Pasca Persalinan Di Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dini Tria Anggraini (0801172165)-FKM UINSU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasca Persalinan adalah upaya pencegahan kehamilan dengan memakai alat kontrasepsi sesudah melahirkan sampai 42 hari. Penggunaan KB Pasca Persalinan di Kecamatan Kisaran Barat tahun 2020 sangat rendah, yaitu sebanyak 27 peserta (22,9%) dari 118 ibu nifas (77,1%), sehingga dapat menaikkan jumlah penduduk, yaitu sebesar 62.121 jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan suami serta perilaku ibu nifas dalam menggunakan KB pasca persalinan. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta diuji dengan triangulasi untuk pengecekan data. Informan penelitian 8 ibu nifas, 8 suami ibu nifas, 1 tokoh agama, dan 1 tokoh masyarakat. Lokasi penelitian yaitu Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, pada Desember 2020 – Juli 2021. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor keputusan penggunaan KB pasca persalinan, yaitu pengetahuan, sikap, jarak pemeriksaan kesehatan, dukungan suami, dukungan tokoh agama, dan dukungan tokoh masyarakat. Pengetahuan serta sikap ibu nifas mengenai KB pasca persalinan sudah dinyatakan baik, tetapi sikap suami yang tidak mendukung istri adalah kendala paling besar bagi ibu nifas. Bagi petugas PPBKD Kabupaten Asahan serta Puskesmas Sidodadi diharapkan lebih inten dalam menyampaikan penyuluhan pada suami ketika melakukan kunjungan atau pendataan kerumah ibu nifas, agar suami dapat mengizinkan istri untuk memakai KB pasca persalinan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Suami, Perilaku Ibu Nifas, KB Pasca Persalinan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:36
Last Modified: 14 Jan 2022 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item