Penyelesaian Hukum Tentang Kerugian Akibat Kecelakaan Oleh Penyewa Jasa Rental Mobil Ditinjau Dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus CV. Berkah Travel Kota Medan)

Matondang, Habibah Chairani (2021) Penyelesaian Hukum Tentang Kerugian Akibat Kecelakaan Oleh Penyewa Jasa Rental Mobil Ditinjau Dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus CV. Berkah Travel Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
HABIBAH CHAIRANI MATONDANG - SKRIPSI PDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman bahwa bisnis sewa-menyewa kendaraan bermobil pada saat ini semakin meningkat baik permintaan dari masyarakat umum sampai wisatawan. Dari perkembangan usaha rental mobil di CV. Berkah Travel Medan juga memiliki beberapa pihak mitra untuk bekerjasama dalam meningkatkan kepuasaan pelanggannya, dari sisi tersebut sering pula terjadinya macam-macam permasalahan yang ditemukan di CV. Berkah Travel seperti ingkar janji membayar denda, melarikan mobil, mengalami kecelakaan ringan hingga berat dan keterlambatan pengembalian mobil, dari permasalahan tersebut pihak perusahaan menyelesaikan masalah dengan mufakat, sehingga dari permasalahan tersebut pasti ada timbul kedua belah pihak merasa dirugikan dan terjadi wanprestasi. Adanya wanprestasi yaitu suatu bentuk perjanjian antara kedua belah pihak melakukan kesepakatan, dengan salah satu pihak telah melakukan pelanggaran atau kelalaian dalam perjanjian di CV. Berkah Travel Medan. Hal ini mengandung unsur pelanggaran atau wanprestasi dalam ekonomi akan dijelaskan dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah (KHES). Penelitian ini merupakan tipe penelitian Normative Empiris dengan metode penelitian lapangan dengan menggabungkan pendekatan Conceptual Approach dan Living Case Approach. Data di kumpulkan dengan melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang telah dikumpulkan di olah dengan menggunakan metode kualitatif dan di jabarkan secara deskriptif dan analisis dengan menggunakan logika berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian hukum kerugian seharusnya pemilik rental mobil melakukan pengecekkan ulang sebelum mobil disewakan kepada pelanggannya, dan pihak penyewa harus selalu berhati-hati membawa mobil sewaan agar tidak timbul kerugian antara kedua belah pihak, adapun tinjauan dari menerapkan biaya 1 (satu) objek barang yang disewa, mempunyai upaya penyelesaian yang ditempuh oleh CV. Berkah Travel bila terjadi wanprestasi adalah dengan melakukan musyawarah untuk membicarakan pembayaran denda, asuransi dan resiko dengan memberikan jangka waktu, apabila penyewa tidak melakukan kesalahan dalam sewa-menyewa maka pihak penyewa akan meminta ganti rugi atas nama baiknya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:07
Last Modified: 14 Jan 2022 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item