Hsb, Maghfirah Aulia (2021) Metode Bimbingan Konseling Islami Dalam Menangani Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Melati Aisyiyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
soft copy skripsi Maghfirah Aulia Hsb.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Metode Bimbingan Konseling Islami Dalam Menangani Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Melati Aisyiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode bimbingan konseling Islami yang dilakukan dalam menangani psikologis anak berkebutuhan khusus, faktor penghambat dalam proses penerapan bimbingan konseling Islami dan dampak hasil bimbingan konseling Islami serta solusi dari permasalahan psikologis yang dialami anak berkebutuhan khusus di SLB Melati Aisyiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah guru BK,pembimbing agama dan juga anak berkebutuhan khusus. Pengambilan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari informan penelitian terkait dan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, dan buku-buku atau literature yang terkait dalam penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan konseling Islami yang dilakukan pembimbing terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu melalui terapi, membaca alquran dan iqro, tata cara melaksanakan shalat, keterampilan dan olahraga.Anak berkebutuhan khusus juga didorong melakukan muhasabah(mengevaluasi, merenungkan akan hakekat dirinya dan sikap serta perilakunya saat sekarang, mana yang sejalan dengan nilai Islam dan mana yang terlanjur melanggar) dengan disesuaikan dengan keadaanya, didorong untuk memikirkan yang terbaik bagi dirinya, sehingga ia mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat. Faktor penghambat yang terjadi dalam komunikasi dalam menyampaikan bahasa sangat sulit dan juga sulit memahami sehingga bimbingan harus dilakukan berulang. Keberhasilan bimbingan yaitu dilihat dari psikologis perkembangan emosional atau tingkah laku yang lebih baik yang dilakukan anak berkebutuhan khusus baik dilingkungan sekolahmaupun dilingkungan diluar sekolah, dengan diadakan bimbingan konseling Islami dalam menangani psikologis terdapat solusi dari masalah yang dihadapi anak berkebutuhan khusus.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:43 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13126 |
Actions (login required)
View Item |