Nurdin, Ali (2020) Implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di Madrasah Tsanawiyah Al Ulum Jihadul Ilmi Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS ALI NURDIN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui masalah yang di hadapi oleh siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Al Ulum Jihadul Ilmi Medan, prosedur bimbingan kelompok dan dampak bimbingan kelompok terhadap siswa dan siswi di Madrasah Tsanawiyah Al Ulum Jihadul Ilmi Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, maka pengumpulan data untuk Subjek, informan penelitian dan analisis dilakukan secara holistik dari fenomena yang akan diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan responden dan informan. Peneliti ini menggunakan teknik jaminan validitas data yang umum dalam penelitian kualitatif yaitu melakukan triangulasi data dan kepastia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masalah yang biasa dihadapi oleh siswasiswi Madrasah Tsanawiyah berupa malas belajar, kurang percaya diri, dan masalah keluarga, 2) dalam bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama ada tiga tahapan prosedur yang dilakukan yaitu: tahapan pendahuluan, inti dan penutup, 3) dampak dari bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama membuat siswa-siswi percaya diri, terbuka dan berkarakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Di Madrasah Tsanawiyah Al Ulum Jihadul Ilmi Medan belum berhasil
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, siswa-siswi. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:29 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13123 |
Actions (login required)
View Item |