Peran Badan Kemakmuran Masjid (Bkm) Dalam Meningkatkan Kesadaran Keberagamaan Jama’ah Untuk Memakmurkan Masjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumnas Mandala Kecamatan Deli Serdang.

Hidayat, M Taufik (2021) Peran Badan Kemakmuran Masjid (Bkm) Dalam Meningkatkan Kesadaran Keberagamaan Jama’ah Untuk Memakmurkan Masjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumnas Mandala Kecamatan Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi_M.Taufik_Hidayat-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adaalah Masjid (Bahasa Inggris: Mosque) adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, sebutan lain yang berkaitan dengan masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi bangunan menyerupai masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, iktikaf, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Namun, masyarakat di lingkungan sekitar mesjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumahan Perumnas Mandala, belum banyak yang mau ikut dalam memakmurkan mesjid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran BKM (Badan Kenajiran Mesjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memakmurkan mesjid, untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kesadaran keberagamaan masyarakat di Masjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara dan untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam memakmurkan Masjid Ar-Rahman Lingkungan X Pelikan Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dekskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai peristiwa yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola masjid berjalan dengan baik dilihat dari perencanaan yang dilakukan. Pengorganisasian dalam manajemen masjid antara lain bidang Pelaksanaan, imaroh dan ri‟ayah. Pengarahan yang dilakukan melalui komando dari atas ke bawah yakni melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Deli Serdang. Akan tetapi dari hasil wawancara dengan beberapa jama’ah memberikan kritik terhadap salah seorang pengurus masjid yang lalai akan tugasnya sehingga menimbulkan masalah kepada beberapa orang jama’ah untuk melakukan ibadah shalat di Masjid Ar-Rahman. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi terhadap peningkatan dan penurunan jama’ah dalam melaksanakan shalat lima waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:58
Last Modified: 14 Jan 2022 06:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item