Peran Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh Dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an Dalam Pembinaan Bakat Anak Di Bidang Seni Baca Al-Qur’an Di Kecamatan Medan Perjuangan

Yazid, Muhammad (2020) Peran Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh Dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an Dalam Pembinaan Bakat Anak Di Bidang Seni Baca Al-Qur’an Di Kecamatan Medan Perjuangan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. YAZID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana program pembinaan yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, HafizHafizhoh dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an dalam membina kemampuan anak - anak membaca al - Qur’an, (2) untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran yang dilakukan oleh Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an dalam membina kemampuan anak - anak membaca al - Qur’an, (3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an dalam membina kemampuan anak - anak membaca al - Qur’an dan bagaimana cara menanggulanginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an telah mendapat dukungan besar dari masyarakat maupu pemerintah karena melihat banyaknya ditemukan anak - anak yang memiliki bakat dan kemampuan untuk mempelajari al - Qur’an. Pola pengajaran yang dilaksanakan yaitu dengan program Pengenalan huruf al - Qur’an dan cara membacanya dengan baik dan benar, memberikan pengajaran kepada anak yang memiliki suara merdu untuk menjadi qori dan qori’ah serta membina anak - anak yang memiliki ingatan kuat dapat menghafal al - Qur’an. Pola pengajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, Membaca, dan resitasi atau pemberian tugas. Usaha yang dilakukan telah membawa hasil positif, yakni berhasil mengajar anak - anak sehingga dapat membaca al - Qur’an dengan baik dan benar. Badan Pembinaan Qori’ Qoriah, Hafiz-Hafizhoh dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an juga berhasil mengajar yang diterjunkan untuk mengisi acara - acara Keagamaan juga kegiatan nasional serta berhasil melahirkan qori’ dan qori’ah yang berprestasi untuk tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:41
Last Modified: 14 Jan 2022 07:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item