Pengaruh Interaksi Sosial dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang

Hasibuan, Yusuf Hasian (2021) Pengaruh Interaksi Sosial dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSUF HASIAN ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat: 1) untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dalam lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X-MIA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang; 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh interaksi sosial dalam lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang Jl. Karya Agung Kompleks Pemkab Deli Serdang. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 72 orang, sampel di ambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, artinya teknik pengambilan sampel berdasarkan kebutuhan bila dianggap cocok sebagai data. Data di peroleh melalui angket dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang di gunakan adalah penggunaan statistik deskriptif bertujuan untuk mencari skor tertinggi, terendah, mean, median, modus, dan standar deviasi. Uji persyaratan analisi ini menggunakan analisis ststistik regreasi yaitu terdapat data yang memiliki sebaran normal, kelinearan dan keberartian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi Belajar berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 72,3%; 2) interaksi sosial dalam lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 78%, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signitifikan antara variabel ) interaksi sosial dalam lingkungan keluarga (X) dengan prestasi belajar siswa kelas X-MIA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang, dengan nilai nilai rhitung sebesar 0,146 dan rtabelSebesar 0,204 jika dibandingkan nilai rhitung< rtabel atau (0,146 < 0,204).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial dalam Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:56
Last Modified: 14 Jan 2022 04:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item