Pengaruh Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior J.) Terhadap Gambaran Histologi Tubulus Seminiferus Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.) Yang Diberi Paparan Asap Rokok

Jannah, Nurul Miftahul (2021) Pengaruh Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior J.) Terhadap Gambaran Histologi Tubulus Seminiferus Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.) Yang Diberi Paparan Asap Rokok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
0704162010 Nurul Miftahul Jannah [Srikpsi].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak bunga kecombrang (Etlingera elatior J.) terhadap jumlah rata-rata sel spermatosit primer dan diameter tubulus seminiferus serta angka dosis yang paling berpengaruh terhadap perbaikan histologi tubulus seminiferus tikus putih (Rattus norvegicus L.) yang diberi paparan asap rokok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 – Februari 2021 di tiga lokasi yaitu Laboratorium Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan sebagai tempat pemeliharaan dan perlakuan hewan coba, Laboratorium Farmasi USU sebagai tempat pembuatan ekstrak bunga kecombrang dan laboratorium Patologi Balai Veteriner Medan sebagai tempat pembuatan preparat histologi tubulus seminiferus tikus putih. Rancangan penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pemberian dosis ekstrak bunga kecombrang 30, 60, 90 mg/kg BB. Hasil uji One Way Anova dan uji Duncan menunjukkan taraf signifikan (p<0,05) yang berarti adanya perbedaan bermakna pada setiap kelompok. Berdasarkan pengamatan jumlah rata-rata sel spermatosit primer dan diameter tubulus seminiferus tikus putih diperoleh nilai tertinggi terdapat pada pemberian dosis 90 mg/kg BB yang menunjukkan jumlah rata-rata sel spermatosit primer paling banyak adalah 66,9±14,6 dan diameter tubulus seminiferus paling besar yaitu 338,3±30,1 µm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dosis 90 mg/kg BB merupakan dosis yang paling berpengaruh terhadap perbaikan histologi tubulus seminiferus tikus yang diberi paparan asap rokok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Jan 2022 08:22
Last Modified: 13 Jan 2022 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item