Efektivitas Ekstrak Daun Samarinda (Carissa carandas Linn.) Terhadap Histopatologi Aorta Jantung Tikus Putih (Rattus norvegicus) Hiperkolesterolemia

Elidarni, Elidarni (2021) Efektivitas Ekstrak Daun Samarinda (Carissa carandas Linn.) Terhadap Histopatologi Aorta Jantung Tikus Putih (Rattus norvegicus) Hiperkolesterolemia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELIDARNI LULUS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbedaan pemberian beberapa dosis ekstrak daun samarinda (Carissa carandas Linn.) terhadap histopatologi aorta jantung tikus putih (Rattus norvegicus) hiperkolesterolemia. Penelitian ini bersifat eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 kelompok yaitu kontrol normal, kontrol negatif, kontrol positif, perlakuan 1 dosis 750 mg/kg BB, perlakuan 2 dosis 1000 mg/kg BB dan perlakuan 3 dosis 1250 mg/kg BB. Adapun data histopatologi berupa ketebalan dinding aorta dan jumlah sel busa dianalisis menggunakan SPSS 23 dengan uji ANOVA one-way dan uji Duncan dengan taraf signifikan 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perlakuan dosis 1250 mg/kg BB yang sangat efektif dalam mengurangi ketebalan dinding aorta dan jumlah sel busa aorta tikus.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:35
Last Modified: 13 Jan 2022 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item