Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di MAS Al Ishlahiyah Binjai

Miagi, Fanny (2018) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di MAS Al Ishlahiyah Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
FANNY MIAGI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu langkah atau prosedur secara sistematis yang harus dimiliki seseorang untuk mampu menyesuaikan dan mengupayakan situasi yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di MAS Al Ishlahiyah Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sebagai sampel adalah kelas XI sebanyak 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling.. Hasil yang diperoleh berdasarkan pada nilai dengan taraf signifikansi α = 5% maka diperoleh ttabel = 1,663. Dan dari hasil perhitungan t-test thitung = 3,054 dan sig = 0,003 dan p = 0,05. Jadi dibandingkan antara thitung dan ttabel maka thitung > ttabel dan sig. < p sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian di atas membuktikan bahwa antara pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan kemampuan pemecahan masalah siswa MAS Al Ishlahiyah Binjai memiliki kaitan yang signifikan yang berarti bahwa baiknya kemampuan pemecahan masalah siswa didukung oleh pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilakukan guru Bimbingan Konseling di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:05
Last Modified: 13 Jan 2022 07:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item