Analisis Pengaruh Jumlah Produksi, Harga Dan Kurs Terhadap Nilai Ekspor Kopi Gayo (Studi Kasus Koperasi Garmindo Coop Bener Meriah Aceh)

Wulandari, Wulandari (2021) Analisis Pengaruh Jumlah Produksi, Harga Dan Kurs Terhadap Nilai Ekspor Kopi Gayo (Studi Kasus Koperasi Garmindo Coop Bener Meriah Aceh). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsiku Wulandari finish.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia dengan kemampuan menyediakan komoditi kopi terbesar di pasar Internasional, dapat menentukan berapa jumlah produksi, harga dan kurs yang dapat dikategorikan sebagai alasan bagi pendapatan nasional dan devisa negara. Produksi yang menyatakan bahwa produk yang diekspor hendaknya memiliki potensi untuk bersaing, harga internasional dan nilai tukar merupakan dua faktor yang mempengaruhi ekspor komoditas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Analisis pengaruh jumlah produksi, harga dan kurs terhadap nilai ekspor kopi gayo Bener Meriah, Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda yang menggunakan Teknik pengelola data yaitu Eviews 10 dan SPSS dengan runtun waktu (time series) selama 9 tahun yakni dari tahun 2011-2019.Dengan kesimpulan hasil uji t pada jumlah produksi, diketahui nilai Sig. Untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 22,448 > t tabel 2,045, sehigga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan X1 terhadap Y,hasil ini memiliki makna apabila semakin tinggi produksi maka nilai ekspor juga akan semakin meningkat, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan uji t pada harga diketahui nilai Sig. Untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 5,535 > t tabel 2,045, sehigga dapat disimpulkan bahwa bahwa H0 ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y, hasil ini memiliki makna bahwa apabila semakin tinggi harga kopi maka nilai ekspor juga akan semakin meningkat. Berdasarkan uji t diketahui nilai Sig. Untuk pengaruh X3 terhadap Y adalah sebesar 0,960 > 0,05 dan nilai t hitung 0,052 < t tabel 2,045, sehigga dapat disimpulkan bahwa bahwa H0 diterima Ha ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X3 terhadap Y, hasil ini memiliki makna bahwa nilai kurs tidak signifikan dikarenakan ada faktor yang lain membuat nilai ekspor kopi mengalami peningkatan yaitu membuat (nilai ekspor dan impor) meningkat meskipun kurs mengarami depresiasi atau pelemahan terhadap nilai mata uang Amerika Serikat US$. Berdasarkan uji F output di atas diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1,X2 dan X3 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 214,835 > F tabel 2,92 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima, hasil ini memiliki makna terdapat pengaruh jumlah produksi, harga dan kurs terhadap nilai ekspor secara simultan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Ekspor Kopi Gayo, Jumlah Produksi Kopi Gayo, Harga Kopi Gayo, Kurs
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:14
Last Modified: 13 Jan 2022 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item