Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN 014746 Kwala Sikasim Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara

Dalimunte, Wulan Asih Munazriyanti (2021) Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN 014746 Kwala Sikasim Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
WULAN A.M. DALIMUNTE_SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada SDN 014746 Kwala Sikasim. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana BOS dan juga penerapan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2019. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah SDN 014746 Kwala Sikasim sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai beberapa narasumber yaitu : Kepala Sekolah, Bendahara, dan Staf Tata Usaha. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan SDN 014746 Kwala Sikasim sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2019, yaitu adanya keterlibatan tim manajemen BOS, komite sekolah dan seluruh guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban sudah sesuai petunjuk teknis penggunaan dana BOS tahun 2019. Penerapan prinsip akuntabilitas dan pengelolaan dana BOS di SDN 014746 Kwala Sikasim sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2019, pertanggungjawaban dana BOS dilakukan setiap triwulan, tetapi tranparansinya belum berjalan dengan baik ditunjukkan dengan tidak adanya pemasangan pada papan informasi mengenai realisasi penggunaan dana BOS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan Dana BOS
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:59
Last Modified: 13 Jan 2022 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item