Hubungan Personal Higyene dan Kondisi Lingkungan Fisik dengan Gejala Skabies di Pondok Pesantren Dairi Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi

Bancin, Fifi Maysarah (2021) Hubungan Personal Higyene dan Kondisi Lingkungan Fisik dengan Gejala Skabies di Pondok Pesantren Dairi Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skabies merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Pondok pesantren merupakan tempat prevalensi skabies yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan kondisi lingkungan fisik dengan gejala skabies di Pondok Pesantren Dairi Kecamatan Sidikalang Kabupatem Dairi. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian Crossectional dengan jumlah sampel 124 orang di Pondok Pesantren Dairi Kecamatan Sidikalang Kabupatem Dairi. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebersihan kulit, kebersihan pakaian, kebersihan tangan dan kuku, kebersihan handuk, kebersihan seprai dan tempat tidur serta luas ventilasi dengan gejala skabies. Diharapkan penelitian ini dapat membantu menambah referensi terkait skabies, sehingga dapat menekan terjadinya skabies, khususnya pada santri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Skabies; Personal hygiene;lingkungan fisik; pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:51
Last Modified: 13 Jan 2022 04:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item