Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Pahlawan Nasional Medan

Harahap, Syawaluddin Ahmad (2018) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Pahlawan Nasional Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BURNING PDF SYAWAL.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Pahlawan Nasional Medan dengan subjek yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Bimbingan dan Konseling dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa terkait dengan mata pelajaran tertentu saja, seperti pelajaran matematika. Adapun yang melatar belakangi terjadinya kesulitan belajar, siswa yang mengalami kesulitan belajar berasal dari keluarga broken home yang berdampak kurangnya perhatian dari orang tua siswa sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik. Sebagian besar guru bimbingan dan konseling sudah mengupayakan menanggulangi kesulitan belajar siswa. Upaya tersebut yaitu dengan mengadakan upaya pemberian pemberian layanan informasi mengenai arti pentingnya pembelajaran, pemberian motivasi dengan konseling individual serta pemberian bimbingan kelompok kepada siswa. Hasil yang diperoleh dari upaya tersebut menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran siswa, seperti siswa sudah mulai berani aktif dikelas dengan memberikan pertanyaan kepada guru mengenai pelajaran yang kurang dipahaminya serta mulai cepat dalam menangkap pelajaran. Namun, kendala-kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling ketidak terbukaan siswa terhadap guru bimbingan dan konseling serta kurangnya komunikasi antara orang tua siswa dengan guru bimbingan dan konseling.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru bimbingan dan konseling, menanggulangi kesulitan belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:59
Last Modified: 13 Jan 2022 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item