Implementasi Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3md) Di Desa Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan

Safina, Lailan (2021) Implementasi Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3md) Di Desa Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Lailan Safina.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) terhadap pembangunan dan pemberdayaan serta kesejahteraan bagi masyarakat di Desa Sei Nangka. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sei Nangka dan selaku narasumber atau responden dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Sei Nangka, Pendamping Desa yakni selaku penggerak Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan masyarakat setempat. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode analisis data yaitu deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang di peroleh dari narasumber yang berkaitan dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). Hasil yang diperoleh adalah dengan berjalannya kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat seperti bidang literasi baca tulis dan Kluster UMKM Handicraft Kearifan Lokal Budaya Melayu Asahan yang dilakukan pendamping desa selaku penggerak Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dalam mensejahterakan masyarakat, maka dari itu dengan demikian tujuan dari implementasi program yakni untuk memberdayakan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:53
Last Modified: 13 Jan 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item