Analisis Peran Bank Indonesia Dalam Evaluasi Sistem Kliring Nasional (Studi Kasus Pada Bank Indonesia KPw Medan)

Hasibuan, Riva Hairani (2021) Analisis Peran Bank Indonesia Dalam Evaluasi Sistem Kliring Nasional (Studi Kasus Pada Bank Indonesia KPw Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi riva (tambah lampiran).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Medan dalam mengevaluasi sistem kliring nasional serta strategi Bank Indonesia dalam mengadapi kendala setelah evaluasi sistem kliring nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyusun teori dan ditetapkan secara sistematis. Penelitian ini membutuhkan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi serta observasi, untuk memberikan penjelasan dan argumentasi. Data yang diperoleh dari informan penelitian ini menunjukkan bahwa peran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Medan dalam evaluasi sitem kliring nasional adalah sebagai Koordinator PWD diwilayah kliring otomatis melakukan: menetapkan jadwal pertukaran warkat, menyelenggarakan pertukaran warkat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, melakukan upaya untuk menjamin penerimaan warkat dan keandalan sistem pilah warkat debit, melakukan pengujian kualits magnetic ink character recognition code line dan kartu batch, serta menyediakan fasilitas salinan warkat debit yang telah diproses otomatis. Setelah sistem kliring nasional Bank Indonesia mengalami perubahan, kendala yang dihadapi adalah 1) operasional: cek yang dipakai para nasabah adalah cek kosong, atau data pada cek tersebut tidak lengkap seperti tidak ada nama pengirim ataupun bank yang dituju. 2) gagal pada pembayaran dari bank tujuan transfer: terjadinya gagal bayar disebabkan karena kurangnya saldo yang dimiliki oleh nasabah, akibatnya bank tujuan transfer menolak cek yang diberikan oleh bank asal. 3) kendala pada mesin warkat: kendala terbesar apabila mesin warkat harus dipilah secara manual. 4) masalah jaringan: masalah pada jaringan bisa menghambat alur proses pada kliring, dikarenakan ketika jaringan bermasalah peserta harus menunggu lama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Indonesia, Sistem Kliring
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:32
Last Modified: 13 Jan 2022 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item