Analisis Efektivitas Penyaluran Pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi Di Bank BTN KC Syariah Medan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Di Masa Pandemi COVID-19

Fadhilah, Fauziyah Rizky (2021) Analisis Efektivitas Penyaluran Pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi Di Bank BTN KC Syariah Medan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fauziyah Rizky Fadhilah (fix pdf).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah di masa pandemi COVID-19 efektif atau tidak, serta dapat mengetahui besarnya persentase efektivitas pada penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di BTN Syariah bagi masyarakat, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Mengingat dimasa COVID-19 banyak sekali masyarakat yang penghasilannya kecil akibat terkena dampak COVID-19. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan penelitian Field Research dan Library Research. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi secara langsung datang ke Bank BTN Syariah dan mewawancarai narasumber yang ada. Peneliti juga melakukan penyebaran kuesioner kepada 94 responden yang telah ditentukan dari data nasabah yang mengikuti program KPR Syariah bersubsidi di masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan metode slovin dan Non Probability Sampling yang digunakan secara Accidental Sampling. Sedangkan untuk mengukur tingkat persentase keefektivitasan dalam penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi penulis menggunakan metode Artificial Neural Network (ANN). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di BTN KC Syariah Medan pada masa pandemi COVID-19 efektif. Dengan tingkat efektivitas sebesar 0,9999 atau sebesar 99,99%, yang menunjukkan bahwa penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di BTN KC Syariah Medan pada masa pandemi COVID-19 kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dikatakan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektif, KPR Syariah bersubsidi, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), pandemi COVID-19, Artificial Neural Network (ANN).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2022 08:50
Last Modified: 12 Jan 2022 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item