Analisis Bibliometrika Artikel JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) Tahun (2016-2020) Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Suyono, Hanny Chairany (2021) Analisis Bibliometrika Artikel JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) Tahun (2016-2020) Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bibliometrik Hanny Chairany Suyono - 0601172033 - Prodi Ilmu Perpustakaan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis bibliometrika artikel JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) tahun (2016-2020) Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui analisis aplikasi-aplikasi bibliometrik yaitu Publish or Perish (PoP), Mendeley, dan VOSviewer. Penelitian ini dilakukan secara offline di Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan secara online melalui website JIPI dan aplikasi-aplikasi bibliometrik yaitu Publish or Perish (PoP), Mendeley, dan VOSviewer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik-topik yang ada pada artikel JIPI telah sesuai dengan bidang kajian JIPI itu sendiri. Topik- topik yang paling sering disitir adalah topik-topik yang berkenaan dengan mata kuliah Ilmu Perpustakaan sehingga cukup banyak disitir oleh pengguna untuk melengkapi kebutuhan tugasnya. Selain itu, statistik perkembangan jumlah publikasi artikel JIPI dari tahun 2016-2020 belum konsisten karena tiap-tiap periode menerbitkan jumlah artikel yang berbeda-beda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Bibliometrik, JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), Publish or Perish (PoP), Mendeley, dan VOSviewer.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2022 08:36
Last Modified: 12 Jan 2022 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item