Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Kerja Pekerja Bengkel Mobil Di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Nurhijjah (2021) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Kerja Pekerja Bengkel Mobil Di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHIJJAH HARAHAP.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pekerja bengkel mobil di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei cross sectional. Sebanyak 110 pekerja bengkel mobil dijadikan sampel dengan purposive sampling. Analisa data menggunakan uji chi square untuk analisi bivariat dan uji regresi logistik untuk analisis multivariate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecelakaan kerja berhubungan dengan beberapa faktor yaitu,variable pengetahuan dengan nilai p value = 0.012 (p < 0.05), variabel Sikap Kerja dengan nilai p value = 0.000(p <0.05), variabel Penggunaan APD dengan nilai p value = 0,013 (p < 0.05),variable masa kerja dengan nilai p value = 0,001(p<0.05). Penelitian ini menemukan bahwa hubungan pengetahuan tentang K3, sikap kerja, penggunaan APD dan masa kerja menunjukkan ada hubungan negatif secara signifikan dengan kecelakaan kerja pada pekerja bengkel mobil di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel penggunaan APD merupakan faktor yang paling dominan pada kecelakaan kerja. Studi ini penting terhadap para pekerja dan pemilik bengkel mobil untuk menerapkan peraturan kewajiban penggunaan alat pelindung diri dan menyelenggarakan pengawasan pada saat bekerja dibengkel mobil untuk mencegah peningkatan angka kecelakaan kerja pada pekerja bengkel mobil di kecamatan padang bolak kabupaten padang lawas utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Jan 2022 08:02
Last Modified: 12 Jan 2022 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item