Model Pendidikan Seks Melalui Media Permainan Ular Tangga Dan Engklek Pada Remaja Di Podok Pesantren Al Imam Abi Yazid Al Bastomy Kota Dumai

Ahmad, Rollina (2021) Model Pendidikan Seks Melalui Media Permainan Ular Tangga Dan Engklek Pada Remaja Di Podok Pesantren Al Imam Abi Yazid Al Bastomy Kota Dumai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ROLLINA AHMAD FIX (0801171080).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan arus globalisasi, kemajuan teknologi dan informasi serta bergesernya nilai dan norma yang ada dalam masyarakat cenderung mempengaruhi pola sikap remaja untuk melakukan penyimpangan perilaku terutama dalam perilaku seksual. Banyak remaja yang terlibat dalam perilaku dan pengalaman beresiko seksual yang dapat mengakibatkan hasil kesehatan yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh promosi kesehatan melalui media permainan ular tangga dan engklek terhadap pengetahuan dan sikap tentang pendidikan seks pada remaja pondok pesantren Al Imam Abi Yazid Al Bastomy di Kota Dumai. Metode : Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest dan posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 40 santri putri pondok pesantren Al Imam Abi Yazid Al Bastomy kota Dumai. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media ular tangga dengan p< 0,001, tidak terdapat peningkatan pengetahuan melalui media engklek dengan p= 0,063. Terdapat peningkatan sikap tentang pendidikan seks menggunakan media ular tangga dan media engklek dengan p<0,05. Terdapat perbedaan rerata pengetahuan antara kelompok media ular tangga dan engklek dengan p< 0,001. Tidak terdapat perbedaan rerata sikap antara kelompok media ular tangga dan engklek dengan nilai p= 0,429. Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap santri putri tentang pendidikan seks menggunakan media ular tangga di pondok pesantren Al Imam Abi Yazid Al Bastomy kota Dumai. Kesimpulan : Media Permainan ular tangga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan kesehatan yang efektif dalam mengubah pengetahuan dan sikap.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Promosi Kesehatan, Permainan Ular Tangga dan Engklek, Pendidikan Seks
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:42
Last Modified: 12 Jan 2022 05:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item View Item