Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Riyadhus Shalihin

Anggriawan, Muhammad (2019) Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Riyadhus Shalihin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Riyadhus Shalihin-1 (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan Aspek Pendidikan Akhlak dalam kitab Riyadhus Shalihin dan untuk mengetahui (1) konsep pendidikan akhlak dalam pendidikan Islam, (2) akhlak seorang pendidik (3) akhlak peserta didik. Penelitian ini adalah jenis penelitian library research, dan penelitian ini menggunakan pendekatan maudhu’i dengan metode analisis content. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data dalam Kitab Riyadhus Shalihin dan dari buku-buku yang berkaitan dengan tema penelitian untuk dapat menarik kesimpulan, baik secara deduktif maupun induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam pendidikan Islam adalah terjadinya komunikasi yang baik antara pendidik dan peserta didik dalam pembentukan akhlak yang terpuji. Akhlak pendidik dalam kitab Riyadhus Shalihin adalah 1). Menjadi suri tauladan, 2). Membimbing dengan kelembutan, 3). Bersikap tenang, 4). Menyayangi peserta didik, 5). Memberikan motivasi kepada peserta didik, dan 5). Mengikuti tuntunan sesuai Al-Qur’an dan as�Sunnah. Sedangkan akhlak yang harus di miliki seorang peserta didik adalah 1). Menghormati guru, 2). Mendahulukan kepentingan guru, 3). Berkata lembut dan tidak memotong pembicaraan guru, 3). Tidak terlalu banyak bertanya kepada guru dalam satu waktu bersamaan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Riyadhus Shalihin
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak > 2X5.11 Ahlak berdasarkan naqli
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:02
Last Modified: 12 Jan 2022 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item