Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa

Siregar, Anggraini Asmania (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Anggraini Asmania Siregar JILID LUX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 40 siswa. Instrumen tes digunakan berupa Pre-test dan Post test sebanyak 2 soal. Analisis data yang digunakan adalah t-test. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) menekankan aktivitas siswa lebih banyak aktif pada proses penemuan konsep dan hubungan antar konsep dimana siswa merancang sendiri prosedur percobaan sehingga peran siswa lebih dominan, sedangkan guru membimbing siswa kearah yang tepat/benar. 2) Hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) (V-A) lebih tinggi dari kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model konvensional (V-B). kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dengan model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) diperoleh rata-rata post test yaitu 78,28 sedangkan pada kelas kontrol konvensional (V-B) diperoleh post test yaitu 70,94. 3)Berdasarkan hasil penhujian hipotesis pada kelas eksperimen (V-A) dengan menggunkan uji t test diperoleh thitung > ttabel 4,56 > 1,69 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:46
Last Modified: 11 Jan 2022 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item