Tinjauan Hukum Tentang Akad Syirkah Menurut Fatwa Dsn Mui No 114/Dsn-Mui/Ix/2017 (Studi Kasus Ayam Penyet Joko Solo Di Kota Medan)

Hepning, Purnama Sari (2021) Tinjauan Hukum Tentang Akad Syirkah Menurut Fatwa Dsn Mui No 114/Dsn-Mui/Ix/2017 (Studi Kasus Ayam Penyet Joko Solo Di Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PURNAMA SARI H.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hukum tentang akad syirkah menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 114/DSN-MUI/IX/2017 (studi kasus ayam penyet joko solo di kota Medan). Dalam ketentuan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia menjelaskan tentang hukum syirkah. Dimana semua perjanjian syirkah dalam pembagian keuntungan dan kerugian dan bagaimana cara bersyirkah harus dijelaskan dan harus tertulis agar tidak terjadi kesalah pahaman antara para pelaku syirkah. Namun yang terjadi pada ayam penyet joko solo dikota Medan sedikit berbeda dengan ketentuan tersebut, dimana ketika terjadi kerugian pada satu cabang mereka, maka pihak PT. Joko Solo dikota Medan menahan modal para syarik, sampai cabang baru dibuka dengan modal tersebut dan ketika terjadi kerugian pemilik PT. Joko Solo juga tidak membagi kerugian pada para syarik dimana ketentuan tersebut sangat bertolak belakang dengan keputusan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia tentang syirkah. Dimana dalam ketentuan-ketentuan fatwa dewan syariah tersebut menjelaskan bahwa dalam pembagian keuntungan dan kerugian dalam bersyirkah harus dibagi sesuai dengan porsi masing-masing pihak. Dari permasalahan tersebut dalam hal ini penulis menggunakan penelitian yuridis-empiris, dimana merupakan penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Bahan hukum yang didapat oleh peneliti akan dianalisa dan dipaparkan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan instrumen ataupun metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dokumentasi dan wawancara. Dari hasil dokumentasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis pada pemilik PT. Joko Solo dimana peneliti menemukan kejanggalan pada bagi hasil yang dilakukan pemilik perusahan dan tidak sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia ketentuan keuntungan (Al-Ribh), kerugian (Al-Khasarah) dan pembagiannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, Ayam Penyet Joko Solo, Syirkah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.24 Syarikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:11
Last Modified: 11 Jan 2022 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item View Item