Pengaruh Penyuluhan Gizi Melalui Media Animasi Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Cepat saji Pada Remaja Di Desa Binjai

Lestari, Puja Indah (2021) Pengaruh Penyuluhan Gizi Melalui Media Animasi Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Cepat saji Pada Remaja Di Desa Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Puja Indah Lestari_0801171049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

survei awal yang dilakukan kepada beberapa penjual makanan cepat saji bahwa pembeli perhari nya sekitar kurang lebih 50 orang dan rata-rata pembeli nya yaitu remaja. Dan wawancara singkat pada pembeli makanan cepat saji, kebanyakan dari mereka ialah dari kalangan remaja, mereka tidak banyak mengetahui tentang makanan cepat saji, mereka hanya mengatakan bahwa contoh makanan cepat saji yaitu seperti kebab dan burger. Mereka tertarik mengkonsumsi cepat saji karena enak, mudah didapatkan, mereka sangat menyukai nya dan harga murah sesuai uang jajan yang diberi orang tua.Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis pengaruh media animasi dan leaflet tentang cepat saji terhadap pengetahuan dan sikap remaja di Desa Binjai Dusun IV Kecamatan Tebing Syahbandar. Metode : Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan rancangan one group sebelum sesudah. Jumlah populasi berjumlah 30 remaja dan jumlah sampel berjumlah 30 remaja dengan membaginya menjadi 2 kelompok bagian, pada setiap kelompok berjumlah 15 orang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil : Uji statistik menunjukkan ada perbedaan skor pengetahuan dan sikap pada remaja sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gizi melalui media animasi dan media leaflet (p=<0,05). Kesimpulan : Pada penelitian ini ada pengaruh penyuluhan gizi melalui media animasi dan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang makanan cepat saji.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Media Leaflet, Pengetahuan, Sikap, Cepat saji, Remaja.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:00
Last Modified: 11 Jan 2022 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item