Analisis Penerapan Akuntansi Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Kecil Menengah Cv. Ilham Lestari Medan

Mujahidah, Niswatun (2021) Analisis Penerapan Akuntansi Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Kecil Menengah Cv. Ilham Lestari Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
2. SKRIPSI_Niswatun Mujahidah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian laporan laporan keuangan berdasarkan penerapan akuntansi berdasarkan SAK EMKM pada UKM CV. Ilham Lestari Medan berlokasi di Jl. Alumunium I No. 68 Medan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta penerapan pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diambil dari CV. Ilham Lestari Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Ilham Lestari Medan sudah menerapkan akuntansi tetapi pencatatan laporan keuangan yang dilakukan masih secara manual dan sangat sederhana serta penerapannya belum mengikuti ketentuan yang ada di SAK EMKM. Laporan keuangan yang dibuat CV. Ilham Lestari Medan hanya berupa laporan laba rugi sedangkan laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan belum ada. Kendala yang menyebabkan belum diterapkannya SAK EMKM di CV. Ilham Lestari Medan yaitu belum mengetahui dan memahami pembuatan laporan keuangan usaha berdasarkan Standar Akuntansi Keungan Entitas Mikro, Kecil, Menengah (SAK EMKM).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:04
Last Modified: 11 Jan 2022 07:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item View Item