Analisis Tingkat Kesehatan Bank Muamalat Periode 2012-2020 Menggunakan Metode Risk-Based Bank Rating (Rbbr) Dalam Menjaga Eksistensi Dan Profesionalitas Perbankan Syariah

Simarmata, Andika Ramadhana (2021) Analisis Tingkat Kesehatan Bank Muamalat Periode 2012-2020 Menggunakan Metode Risk-Based Bank Rating (Rbbr) Dalam Menjaga Eksistensi Dan Profesionalitas Perbankan Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDIKA RAMADHANA SIMARMATA, SE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat kesehatan bank merupakan sebuah penilaian pada kondisi laporan keuangan bank pada periode tertentu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dari penilaian kesehatan bank ini pada akhirnya akan diketahui bagaimana kinerja bank tersebut, apakah dalam kondisi sangat sehat, sehat, cukup sehat, kurang sehat atau tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank syariah pada Bank Muamalat dengan menggunakan metode Risk-based Bank Rating sesuai dengan POJK No. 8/POJK.03/2014 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Bank diwajibkan untuk melakukan penilaian sendiri (self assessment) tingkat kesehatan bank menggunakan pendekatan risiko (Risk-based Bank Rating), dengan cakupan penilaian meliputi: Risk Profile (Profil Risiko), Good Corporate Governance (GCG), Earning (Rentabilitas) dan Capital (Permodalan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diteliti merupakan data sekunder dari laporan keuangan dan laporan pelaksanaan GCG pada Bank Muamalat tahun 2012-2020. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Analisi data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode Risk-based Bank Rating. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesehatan pada Bank Muamalat tahun 2012-2020 berada pada Peringkat Komposit 3 (PK-3) dalam kategori “Cukup Sehat”. Hal ini mencerminkan kondisi bank yang secara umum cukup sehat sehingga dinilai cukup mampu dalam menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dan perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya dan apabila terdapat kelemahan maka secara umum kelemahan tersebut cukup signifikan yang apabila tidak diatasi dengan baik oleh manajemen dapat menganggu kelangsungan usaha bank termasuk hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap bank tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:05
Last Modified: 11 Jan 2022 07:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item