Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Pendekatan Maqashid Shariah Index (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di OJK Periode 2015- 2019)

Ritonga, Alfany Zahra (2021) Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Pendekatan Maqashid Shariah Index (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di OJK Periode 2015- 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL ALFANY ZAHRA RITONGA_0503172146.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini masih sulitnya membedakan karakteristik antara bank syariah dan bank konvensional, salah satunya dilihat dari pengukuran kinerja keuangan bank syariah yang masih menggunakan kinerja keuangan konvensional. Sebagai organisasi bisnis yang menjalankan kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip syariah, bank syariah diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan dan maksud ekonom Islam, yaitu maqashid syariah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan bank umum syariah yang terdaftar di OJK periode 2015-2019, dengan menggunakan pendekatan Maqashid Syariah Index. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Setiap tujuan maqashid syariah memiliki rasio yang dapat dilihat dan dihitung, kemudian dideskripsikan berdasarkan hasil yang diperoleh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report) dari masing-masing bank umum syariah selama periode 2015-2019. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Panin Dubai Syariah mencapai nilai Maqashid Syariah Index tertinggi dengan rata-rata 32,254% dibandingkan dengan bank umum syariah lainnya. Hal ini menggambarkan bahwa Bank Panin Dubai Syariah telah berusaha melaksanakan pencapaian-pencapaian tujuan maqashid syariah dengan baik dan diharapkan untuk semakin ditingkatkan agar lebih optimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:31
Last Modified: 11 Jan 2022 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item