Efektifitas Mediasi Sebelum Memutuskan Perceraian”(Kajian Terhadap Peranan Dan Perkembangan Proses Sulh Oleh Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Di Selangor, Malaysia)

Bin Khairul Zaman, Akmal Wafi (2018) Efektifitas Mediasi Sebelum Memutuskan Perceraian”(Kajian Terhadap Peranan Dan Perkembangan Proses Sulh Oleh Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Di Selangor, Malaysia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
AKMAL WAFI BIN KHAIRUL ZAMAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan skripsi ini adalah muncul tingkat perceraian meningkat setiap tahun dan efektifitas yang dijalankan mediator terhadap pasangan sebelum mereka bercerai yang telah dijalankan di Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Selangor Malaysia. Beberapa pendapat individu yang menganggap bahwa sulh yang diarahkan oleh Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Selangor adalah tidak efektif untuk menanggani isu perceraian di Sabak Bernam. Salah faham ini disebabkan oleh perbedaan sudut pandang sesetengah individu terhadap mediasi yang berhasil. Kegunaan skripsi ini di harap dapat menjadi refrensi untuk memahami secara jelas tentang analisa yang dilaksanakan sulh dari aspek hukum dan Undang-undang Malaysia. Bagi peneliti di tingkat sarjana khususnya, ia diharap dapat menambahkan khazanah penulisan di bidang mediasi khususnya untuk jurusan Ahwalus Syakhsiyah, Fakultas Syariah Da Hukum. Skripsi ini juga di manfaatkan untuk mengembangkan wacana keilmuan kepada Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Selangor dalam menangani permasalahan efektifitas mediasi dan hal-hal pertikaian melibatkan isu rumah tangga dan sebelum pasangan bercerai. Penulis berpendapat bahwa efektifitas atau keberhasilan bilangan pengamalan sulh tidak harus dinilai berdasarkan angka atau jumlah kasus perceraian yang berhasil didamaikan, akan tetapi harus juga dilihat kepada jumlah terakhir bilangan pasangan yang berjaya para mediator lakukan pada tahun 2018 menunjukkan kenaikan berbanding 2017 sebanyak 20 pasangan .Ini menunjukkan efektifitas yang dijalankan pihak meddiasi berjaya dan berhasil di lingkungan Mahkamah Rendah Syariah Sabak Bernam Selangor, sehingga pasangan tidak jadi bercerai. Beberapa penerangan berkenaan kemudahan dan fasilitas sulh ini haruslah diterangkan kepada masyarakat awam dengan lebih teratur dan terperinci, supaya tidak akan berlaku salah faham dan mengusir tanggapan negatif terhadap sistem pengurusan kekeluargaan dan kehakiman di Malaysia, khususnya di dalam Sabak Bernam Selangor. Setiap pasangan yang sudah atau akan berkawin perlulah lebih terbuka dan perlu sentiasa didedahkan dengan alternatif sulh ini sebagai salah satu cara untuk memberi jalan keluar kepada pihak-pihak keluarga yang bersengketa seelum mereka mengambil keputusan untuk bercerai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.33 Putusnya perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:15
Last Modified: 10 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item