Peran Rohani Islam (Rohis) Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sma Dharmawangsa Medan Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Konselor Untuk Mengembangkan Potensi Diri Siswa Dalam Belajar Di Kelas Xi Man 3 Medan

Hartati, Fitri (2018) Peran Rohani Islam (Rohis) Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sma Dharmawangsa Medan Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Konselor Untuk Mengembangkan Potensi Diri Siswa Dalam Belajar Di Kelas Xi Man 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FITRI HARTATI.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Sejak lahir manusia telah dibekali oleh potensi dasar telah Allah berikan untuk bekal dalam kehidupan, akan tetapi kekurangan, kepedulian terhadap potensi atau bakat dan minat alami anak merupakan kesalahan fatal. Sebab potensi, bakat dan minat merupakan anugrah dari sang pencipta yang wajib di syukuri dan salah satu cara terbaik untuk mensyukuri adalah dengan cara mengembangkan bakat minat seseorang yang memiliki dengan sebaik-baiknya. Layanan informasi merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi (pendidikan, jabatan) yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Potensi diri adalah kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki serta dapat memanfaatkan secara tepat. Potensi diri mempunyai sifat dinamis, artinya tidak luput dari perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konselor dalam mengembangkan potensi diri siswa melalui layanan informasi di MAN 3 Medan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru Bimbingan Konseling di sekolah tersebut dan enam orang siswa kelas XI yang merupakan rekomendasi dari guru bimbingan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu : penelitian yang berusaha untuk mengetahui bagaimana peran guru BK dalam mengembangkan potensi diri siswa dalam belajar melalui layanan informasi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pelaksanaan layanan informasi oleh konselor untuk mengembangkan potensi diri siswa dalam belajar di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif. Dan metode yang digunakan untuk mengembangkan potensi diri siswa dalam belajar adalah menggunakan metode observasi dan wawancara tertutup. Dari penelitian yang telah saya lakukan, maka didapatkan hasil bahwa enam orang yang saya jadikan sebagai subjek penelitian merasakan dampak atau hasil yang baik atau positif. Dan mereka mengaku telah banyak mendapatkan informasi tentang potensi diri, baik secara umum maupun secara khusus yaitu tentang potensi diri yang mereka miliki. Jadi, dapat disimpulkan bahwasanya guru BK dapat dengan baik melaksanakan layanan informasi dalam mengembangkan potensi diri siswa. Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai guru BK, dan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:44
Last Modified: 10 Jan 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item