Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MA Al-Washliyah Marbau

Aulia, Nazla Nur and Chaniago, Nasrul Syakur and Rifa'i, Muhammad (2021) Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MA Al-Washliyah Marbau. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1 (4). ISSN 2775-2372

[img]
Preview
Text
MALAY 4 (Nazla Nur Aulia).pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ataupun untuk mengetahui supervisi kepala madrasah di MAS Al-Washliyah Marbau beserta kinerja guru disekolah tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tau adanya pengaruh antara supervisi kepala madrasah terhadap Kinerja Guru. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan metode survey ke lapangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 guru di MAS AlWashliyah Marbau. Dan sampel diambil dari keseluruhan populasi dan teknik pengambilan data menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan analisis korelasi Product Moment dari Pearson, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada suatu pengaruh antara dua variable, yaitu variable terikat dan variable bebas. Hasil daripada penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) Analisis deskriptif variabel supervisi kepala madrasah diperoleh hasil bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah di MAS Al-Washliyah Marbau tergolong cukup atau jika di persenkan sebesar (47%). (2) Analisis deskriptif terhadap variabel kinerja guru diperoleh hasil bahwa kinerja guru di MAS Al-Washliyah Marbau tergolong tinggi atau jika dipersenkan sebesar (37%). (3) Uji hipotesis dengan korelasi Product Moment dari parsial (uji-T) menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAS Al-Washliyah Marbau dari hasil koefisien thitung menunjukkan bahwa variabel supervisi kepala madrasah (X) mempunyai nilai thitung sebesar 4,894 ≥ nilai ttabel 1,699. Sedangkan pada kolom Sig (Significance) dari tabel diatas menunjukkan bahwa variabel supervisi kepala madrasah (X) memiliki angka signifikan 0,000 dibawah 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti memiliki makna bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MAS AlWashliyah Marbau.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2022 13:16
Last Modified: 08 Jan 2022 13:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item