Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 35 Medan

Najirah, Chairani and Fauzan, Hendri and Rustam, Rustam (2021) Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri 35 Medan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1 (4). ISSN 2775-2372

[img]
Preview
Text
MALAY 4 (Chairani Najirah).pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Motivasi kerja guru di SMPN 35 saat ini (2) Penerapan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam penerapan kepemimpinan partisipatif.. Penelitian ini menggunakan menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan secara apa adanya mengenai kondisi atau fenomena yang ada di lapangan tanpa dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada obyek tersebut. Ada alasan pemelihian penelitian kualitatif deksriptif penelitian ini didasarkan pada kesesuaian antara karakteristik pendekatan kulitatif dengan rumusan masalah/ tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: pertama, penerapan kepemimpinan partisipatif dilakukan dnegan melakukan pendekatan dengan berbagai persoalan memberdayakan guru dengan seabik-baiknya, menetukan kebijakan dengan dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari guru, melakukan kerjasama dengan pihak guru, serta melibatkan guru dalam pengambilan keputusan. pada intinya penerapan kepemimpinan partisipatif menitik beratkan pada pemberdayaan guru.k. kedua motivasi kerja guru dilakukan dengan memperhatikan dimensi internal dan eksternal. Untuk motivasi internal dilakukan dengan pemberian tanggung jawab yang sesuai kemampuan, tugas yang diberikan memiliki tujuan yang jelas dan mennatang, memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan guru, menciptakan rasa senang dalam bekerja, dan mendorong guru untuk berprestasi. Motivasi eksternal dilakukan dengan cara memberikan pujian dari apa yang dikerjakan guru, memberikan intensif kepada guru dan memberikan perhatian kepada guru. ketiga kendala yang dihadapi kepala sekolah memiliki dua faktor, yaitu intenal dan eksternal. Faktor internal meliputi pro dan kontra antar pendapat, lemahnya minat kerja, dan menurunnya kinerja dari setiap staf-staf lembaga.Faktor ekstern misalnya bencana alam dan juga keadaan masyarakat sekitar yang kurang mendukung.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2022 12:56
Last Modified: 08 Jan 2022 12:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item