Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Alqu’an Di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan

Lubis, Maisaroh and Siahaan, Amiruddin and Rifa'i, Muhammad (2021) Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Alqu’an Di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (4). ISSN 2775-2364

[img]
Preview
Text
ISLAMI 4 (Maisaroh Lubis).pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan sudah jauah lebih baik dibandingkan sebelumnya masih ada diantara mereka yang belum paham dengan hukum bacaannya. Sekarang juga siswa lebih sering membaca al-Qur’an baik disekolah maupun di rumah (2) Strategi yang digunakan Kepala Madrasah dalam membudayakan pembacaan al-Qur’an adalah dengan : Menciptakan suasana yang menyenangkan serta ramah terhadap siswa, agar dapat menumbuhkan jiwa semangat dalam belajar; Menunjukkan pikiran dan perasaan peduli dan menghargai sesama; Menumbuhkan rasa ingin tahu serta cinta akan pengetahuan; Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi terhadap sesama dan lingkungannya; dan Memberikan peran aktif oleh seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal sekolah (3) Faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya membaca al-Qur’an Faktor penghambat : Kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar membaca al-Qur’an, Alokasi waktu yang kurang dan Keadaan lingkungan keluarga. Faktor pendukung nya adalah : Tersedianya sarana prasarana, Adanya minat dari siswa dan Adanya media pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2022 12:27
Last Modified: 08 Jan 2022 12:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item