Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMPN 1 Berastagi

Skaryani, Dwi and Nasution, Inom and Rifa'i, Muhammad (2021) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMPN 1 Berastagi. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (4). ISSN 2775-2364

[img]
Preview
Text
ISLAMI 4 (Dwi Skaryani).pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan proses aktualisasi antara kepala sekolah dan guru serta komponen pendidikan lainya dalam upaya untuk memajukan kearah tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan proesionalisme guru, 2) untuk mengetahui langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik, 3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif.Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan secara apa adanya mengenai kondisi atau fenomena yang ada di lapangan tanpa dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada obyek tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan sebagai narasumber adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala SMPN Berastagi dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru dengan melakukan pendekatan normatif atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya, dengan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan. Langkahlangkah yang dikehendaki kepala sekolah

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2022 12:15
Last Modified: 08 Jan 2022 12:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item