Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior J.) Sebagai Antioksidan Terhadap Histologi Pulmo Tikus Putih (Rattus Novergicus L.) Pasca Paparan Asap Rokok

Hasri, Farhana (2021) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior J.) Sebagai Antioksidan Terhadap Histologi Pulmo Tikus Putih (Rattus Novergicus L.) Pasca Paparan Asap Rokok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Antioksidan yang terkandung di dalam tanaman kecombrang (Etlingera elatior J.) berpotensi menghambat stress oksidatif yang dihasilkan oleh radikal bebas dari asap rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antioksidan bunga kecombrang terhadap perbaikan histologi organ pulmo tikus putih jantan (Rattus novergicus L.) yang telah diberikan asap rokok. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental dengan bahan uji ekstrak etanol bunga kecombrang (Etlingera elatior J.). Penelitian ini mencakup tahapan prosedur kerja yaitu pembuatan ekstrak bunga kecombrang, perlakuan hewan coba tikus selama 30 hari, preparasi organ pulmo dan pengamatan histologi organ pulmo tikus berdasarkan 3 parameter kerusakan yaitu pelebaran lumen alveolus, penebalan dinding alveolus dan infiltrasi sel radang dengan metode skoring. Kemudian hasilnya dianalisis menggunakan SPSS 23 dengan metode uji one way ANOVA dan uji lanjut Duncan. Hasil rata-rata skoring menunjukkan adanya penurunan jumlah kerusakan pada kelompok dosis P1 (30mg/KgBB), P2 (60mg/KgBB), dan P3 (90mg/KgBB). Hasil analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh ekstrak bunga kecombrang yang signifikan terhadap perbaikan histologi dari ketiga parameter kerusakan pada setiap kelompok (p<0,05). Kelompok P2 menunjukkan kerusakan yang paling rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa dosis 60mg/KgBB adakah dosis paling berpengaruh di dalam memperbaiki kerusakan pulmo tikus akibat paparan asap rokok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 900 Geography and history > 920 Biography, genealogy, insignia > 929 Genealogy, names, insignia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 14:09
Last Modified: 07 Jan 2022 14:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12935

Actions (login required)

View Item View Item