Tinjauan Hukum Terhadap Ketidaksesuaian Akad Dan Transaksi Pada Sistem Pesanan Buket Snack Ditinjau Dari Perspektif Imam Syafi’i

Rangkuti, Khairunnisa Febriyanti (2021) Tinjauan Hukum Terhadap Ketidaksesuaian Akad Dan Transaksi Pada Sistem Pesanan Buket Snack Ditinjau Dari Perspektif Imam Syafi’i. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRUNNISA FEBRIYANI RANGKUTI 0204162115.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “TINJAUAN HUKUM TERHADAP KETIDAKSESUAIAN AKAD DAN TRANSAKSI PADA SISTEM PESANAN BUKET SNACK DITINJAU DARI PERSPEKTIF IMAM SYAFI’I (Studi Kasus Pada Toko Buket Snack Di MMTC Medan). Buket Snack adalah kumpulan beberapa jenis snack (makanan ringan) yang disusun dalam bentuk yang kreatif. Buket snack biasa dilakukan dalam bentuk pesanan sesuai apa yang dimau sipemesan. Pesanan yang dimaksud disini adalah akad salam. Pada dasarnya dalam melakukan akad pesanan harus jelas baik dari harga, jumlah, spesifikasi,waktunya, dan tidak ada yang ditutup-tutupi antara penjual dan pembeli untuk menghindari kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Namun, kenyataan yang terjadi terdapat ketidakjelasan dikarnakan adanya pengurangan barang dari penjual tanpa memberitahu kepada pemilik barang pesanan. Penelitian ini terdiri dari tiga rumusan masalah, yakni: Bagaimana bentuk ketidaksesuaian akad dan transaksi pada sistem pesanan buket snack di toko buket snack MMTC Medan?, Apa pandangan masyarakat terkait dengan ketidaksesuaian akad dan transaksi yang digunakan pada sistem pesanan buket snack di toko buket snack MMTC Medan?, Apa hukum ketidaksesuaian akad dan transaksi pada sistem pesanan buket snack di toko buket snack MMTC Medan ditinjau dari perspektif Imam Syafi’i?. Tipe penelitian ini adalah yuridis empiris dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian pustaka (library research).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus (case approach) yaitu pendekatan kasus living case studies. Bahan hukum diperoleh dengan cara observasi, wawancara, studi dokumen dan mengutip pendapat Imam Syafi’i dalam kitabnya yang berjudul Kitab Al-Umm. Kemudian Data diolah dan dijabarkan dengan menggunakan logika berfikir deduktif yaitu menggunakan kaedah-kaedah umum untuk memperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akad dan transaksi pada sistem pesanan buket snack di toko buket snack MMTC Medan terdapat pengurangan barang di dalamnya, memang tidak banyak 1-3 isian snack dengan alasan agar buket snack nya terlihat lebih cantik. Tapi, penjual tidak memberitahu dan tidak meminta izin kepada pembeli. Pandangan masyarakat mengenai adanya buket snack sebenarnya sangat membantu karna dapat dijadikan berbagai macam kado seperti acara wisuda dan lainnya. Akan tetapi, pembeli merasa kecewa karna terdapat pengurangan isian barang di dalamnya dan merasa dirugikan. Jadi hukum ketidaksesuaian akad dan transaksi pada sistem pesanan buket snack di toko buket snack MMTC Medan menurut Imam Syafi’i bertentangan dan hukumnya tidak sah karena dalam melakukan akad salam semuanya harus jelas baik dari segi modal salam, jumlahnya, spesifikasi, dan tidak boleh mengganti barang salam dengan barang lainnya sehingga sesuai dengan yang diakadkan di awal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:47
Last Modified: 07 Jan 2022 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item View Item