Medina, Elisa (2021) Analisis Peluang Dan Tantangan Branchless Banking Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Medan Balai Kota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI ELISA MEDINA (2).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Medan BalaiKota untuk menerapkan branchless banking dan bagaimana branchless banking dapat mempengaruhi sektor perekonomian. Penelitian yang menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dalam bentuk buku, jurnal, dll. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data SWOT dengan mencari kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman dalam penerapan pelaksanaan kegiatan branchless banking. Berdasarkan hasil penelitian ini Branchless banking merupakan peluang emas bagi perbankan syariah termasuk pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Medan Balai Kota karena branchless banking merupakan program yang dibuat oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. Terutama masyarakat yang tinggal di daerah atau kelompok yang unbanked (tidak mendapat akses layanan finansial sama sekali) ataupun underbanked (mendapat akses layanan finansial, tetapi terbatas). Selain itu tantangan yang dihadapi adalah Kurangnya sosialisasi mengenai penerapan branchless banking juga merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh Bank Muamalat dalam mengembangkan kebijakan branchless banking. Masyarakat meragukan keamanan layanan branchless banking dalam bertransaksi/mengakses layanan keuangan menggunakan media ini. Padahal dengan adanya branchless banking masyarakat lebih mudah untuk mengakses layanan perbankan. Dan juga penerapan branchless banking juga dapat mempengaruhi sektor perekonomian yang merupakan solusi efektif dalam membantu perkembangan Perbankan untuk melayani masyarakat yang belum dan sulit menjangkau layanan keuangan dikarenakan jarak serta biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan akses layanan keuangan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 08:19 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 08:19 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12916 |
Actions (login required)
View Item |